Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keotentikan Alquran Melalui Model Pembelajaran Inquiry di Kelas X IPS 2 Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarmasin

Cindy Tri Kusumawardani, Iqbal Ramadhan

Abstract


Has done research with the aim to increasing student achievement on keotentikan Alquran material through implementation of inquiry learning model. This research design was used classroom action research which consisted two cycles with four phases; planning, action, evaluation and reflection. The subject were 32 students of class X IPS 2 MAN 2 Banjarmasin. Data collection was used by test technique. Then, data were analyzed by quantitatively and qualitatively techniques. The research result show that implementation of inquiry learning model can increase student achievement on keotentikan Alquran material.


Full Text:

XML

References


Adika, S., Maridi dan B. Sugiharto. 2014. Peningkatan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Kooperatif Jigsaw Kelas X IS-3 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. BIO-PEDAOGI. 3(4): 10.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, Jakarta.

Jauhar, M. (2011). Implementasi Paikem dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Iskandar, A, dkk. (2011). Pendidikan Membangun Karakter Bangsa, Peran Sekolah dan Daerah dalam Membangun Karakter bangsa pada Peserta Didik. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Kurniawati, D., M. Masykuri dan S. Saputro. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengakapi LKS Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sainas dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIA 4 SMAN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 5(3): 67.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saliwangi, B. (2009). Pengantar Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Malang: IKIP Malang.

Sudarmini, Y., Kosim dan A.S. Hadiwijaya. (2015). Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbuing dengan Menggunakan LKS untuk Meningkatkkan Keerampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.7(2): 45.

Suid, A.B, M. Nasir Yusuf dan Nurhayati. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri pada Subtema Gerak dan Gaya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 16 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. 3(4): 83.

Trianto.(2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritik-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widoyoko. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulia, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar pada Materi Pemisahan Campuran MTSN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5(10): 78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.