Penelitian Bahasa pada Tugas Akhir Mahasiswa Prodi PGMI UIN Antasari Banjarmasin

Khairunnisa author2

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan ruang lingkup penelitian bahasa yang dipilih oleh mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, data dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Skripsi yang dikerjakan oleh mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin sejak tahun 2019 sampai dengan awal 2022 pada bidang bahasa tersebar ke dalam bidang kajian kuantitatif sebanyak 73 buah (57,5%) dan penelitian kualitatif sebanyak 54 buah (42,5%), belum ada penelitian tindakan atau R&D. Ruang lingkup penelitian bahasa meliputi: 1) linguistik terapan berupa pendidikan bahasa sebesar 66,9% dan pembinaan bahasa 13,4%; 2) sastra terapan dalam bentuk apresiasi sastra 3,15%; 3) pengayaan kosakata 11,8%, dan 4) literasi sebanyak 4,7%.

Full Text:

PDF

References


Atmazaki, dkk., (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Basri, H. (2014). Using Qualitative Research in Accounting and Management Studies: Not a New Agenda. Journal of US-China Public Administration, 11. DOI: 10.17265/1548-6591/2014.10.003

Bungin, Burhan. (2017). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media.

BPPB Kemendikbud. (2017). Prosedur Operassional Standar Peneltian Bahasa dan Sastra. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/resource/doc/files/POS_ Penelitian_Bahasa_dan_Sastra.pdf

Failasuf, Chakam. (2015). Analisis Kecenderungan Penelitian Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Al-Ma'rifah, 12. http://journal.unj.ac.id › unj › index.php › jba › article

Hamdan dkk. (2021). Pedoman Karya Ilmiah. Banjarmasin: Antasari Press.

McCusker, K. & Gunaydin, S. (2015). Research Using Qualitative, Quantitative or Mixed Methods and Choice Based on The Research. Perfusion. DOI: 10.1177/0267659114559116

Muhajirin dan Maya Panorama. (2017). Pendekatan Praktis Metode Peneltian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Idea Press.

Sarumpaet, Riris K. Toha. (2018). Pedoman Penelitian sastra Anak. Jakarta: yayasan Pustaka Obor Indonesia

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan; Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Penyusun. (2008). Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.