Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Aparatur Sipil Negara di UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta

fandi kurniawan

Abstract


Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang berada dibawah naungan perguruan tinggi seperti universitas, institut, sekolah tinggi, akademi, politeknik, dan perguruan tinggi lain yang bertugas mengelola koleksi perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja Aparatur Sipil Negara di UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Skala pengukuran dengan metode skala likert. Populasi yang digunakan yaitu seluruh aparatur sipil negara di lingkungan UPT Perpustakaan Institut Seni Indoneisa Yogyakarta sebanyak 17 orang pegawai. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian bertempat di UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja aparatur sipil negara di UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta masuk kategori puas.


Full Text:

XML XML

References


Agustiawan. (2022). Analisis Similarity/ Kemiripan Artikel Jurnal Online Terbitan Tahun 2019- 2020 di ISI Yogyakarta. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan, 2(1), 29- 43. DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v2i1. 6984.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Santoso, Jody. (2021). Kemas Ulang Informasi Koleksi Perpustakaan sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi Para Pemustaka. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan, 1(2), 67-72. DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v1i2.5955

Siagian, Sondang P., (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suharti, (1997). Kepuasan Kerja Pustakawan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Adab UIN Yogyakarta.

Suyanto, M. (2009). Revolusi Organisasi dengan Memberdayakan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.

Muljono, Pudji. (2002). Hubungan Antara Kepuasan Kerja dan Sikap Terhadap Profesi dengan Motivasi Kerja Pustakawan. Jurnal Perpustakaan Pertanian. Vol. 11, Nomor 1.

Nazir, Muh. (1988). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. (2007). Manajemen Publik. Jakarta: PT. Grasindo.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, ed. 3.- Cet. 3. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wijayanti, Luki. (2019). Kertas Kerja Bimbingan Teknis Pustakawan TA. 2019 Tugas dan Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi pada 23-26 Juli 2019 di The Phoenix Hotel Yogyakarta. Jakarta: Direktorat Karir dan Kompetensi SDM pada Direktorat Jenderal Sumberdaya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.