UJI KELAYAKAN VALIDASI PRAKTISI BUKU PANDUAN PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Purwati Yuni Rahayu

Abstract


ABTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan validasi praktisi atas produk pengembangan buku panduan praktik kewirausahaan pada mahasiswa program studi Pendidikan ekonomi Universitas Pamulang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan bagian dari prosedur penelitian pengembangan Borg & Gall. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian yang merupakan hasil uji kelayakan validasi ahli praktisi mendapatkan penilaian skor 83,13 dengan kriteria sangat baik. Secara rinci dapat dijabarkan sebagai berikut: 1). Indikator penilaian kelayakan isi memperoleh skor nilai 84,62 dengan kriteria sangat baik; 2). Indikator penilaian kelayakan penyajian memperoleh skor nilai 81,82 dengan kriteria sangat baik; 3). Indikator penilaian penyajian pembelajaran buku praktik memperoleh skor 82,50 dengan kriteria sangat baik; dan 4). Indikator penilaian aspek manfaat memperoleh skor 83,33 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa validasi kelayakan praktisi buku panduan praktik kewirausahaan mendapatkan kategori sangat baik dan layak untuk digunakan.


Keywords


Validitas Praktisi; Buku Panduan Praktik; Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Abdillah, K., & Hamami, T. (2021). Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad Ke 21 Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1). Https://Doi.Org/10.32529/Al-Ilmi.V4i1.895

Andriani, W. (2020). Pentingnya Perkembangan Pembaharuan Kurikulum dan

Permasalahannya. Universitas Lambung Mangkurat.

Farozin, M., & Kurniawan, L. (2019). Developing Learning Guidance and Counseling

Program Based on Social and Emotional Learning in Senior High School. Jurnal

KaJian Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 47. https://doi.org/10.17977/um001v4i22019p047

Kusworo, K., & Rahayu, P. Y. (2020). Analisis Valididtas Isi Produk Pengembangan Modul Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Project Based Learning. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.33753/madani.v3i2.124

Muhammad Ergi Revian, RA Murti Kusuma, & Kunto Imbar Nursetyo. (2020).

Pengembangan Buku Panduan Praktik Produksi Besar Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Video Di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1). https://doi.org/10.21009/jpi.031.04

Nasir, A., & Nazihah, Z. (2020). Pengembangan buku panduan guru berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika siswa SMP. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 5(1), 20. https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1733

Reza Ardiansyah1, A.D. Corebima2, F. R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar. In Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang (Vol. 2016).

Rudy, R. (2015). Kedudukan Dan Arti Penting Pembukaan Uud 1945. Fiat Justisia:Jurnal

Ilmu Hukum, 7(2). https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v7no2.371

Sagita, D., Sutiarso, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan LKPD Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.309

Wedan, M. (2016). Pengertian Pendidikan dan Tujuan Pendidikan Secara Umum. Silabus.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.